Etika Bisnis
Etika Bisnis
Halo semuaa 👋
Balik lagi nih sama aku. Jadi, di blog kali ini aku bakal bahas tentang Etika Bisnis nihh. Ada yang tau engga etika bisnis itu kayak apa? Kalau belum tahu, yuk simak blog aku kali ini.
Jadi Etika Bisnis adalah suatu
bentuk etika profesi yang mengatur prinsip etika dan masalah etika dalam
lingkungan bisnis. Ada juga fungsi dari etika bisnis yaitu :
1. Mempertaruhkan
nama, harga diri, dan nasib manusia yang terlibat.
2. Bisnis
bagian penting masyarakat
3. Bisnis
membutuhkan etika yang setidaknya mampu memberikan pedoman kepada pihak yang
melakukannya
4. Memahami
bahwa bisnis yang berhasil tidak hanya mendapat keuntungan semata, tetapi
bisnis yang etis dan memelihara hubungan yang bai kantar manusia yang terlibat
Terdapat
beberapa kata kunci etika bisnis :
a. Morality
b. Behavior
c. Trust
d. Reliability
e. Responsibility
f.
Principle
g. Relationship
h. Choice
Prinsip
etika bisnis menurut sumber Wall Street Mojo :
1. Honesty
2. Avoid
conflicts
3. Compliance
4. Relevant
information
5. Law
abiding
6. Fulfilling
commitments
Prinsip
etika bisnis menurut sumber Caux Round Table :
1. Tanggung
jawab bisnis dari shareholders ke stakeholders
2. Dampak
ekonomis dan social dari bisnis : menuju inovasi, keadilan dan komunitas dunia
3. Perilaku
bisnis : dari hukum yang tersurat ke semangat saling percaya
4. Sikap
menghormati aturan
5. Dukungan
dari perdagangan multilateral
6. Memperhatikan
lingkungan alam
7. Menghindari
operasi bisnis yang tidak etis
Prinsip
etika bisnis menurut sumber Sonny Keraf :
1. Prinsip
Otonomi : kemampuan mengambil keputusan dan bertindak berdasarkan kesadaran dan
bertanggung jawab secara moral atas keputusan yang diambil.
2. Prinsip
Kejujuran : kejujuran kunci keberhasilan suatu bisnis.
3. Prinsip
Keadilan : harus mendapat perlakuan yang sesuai dengan haknya masing-masing.
4. Prinsip
Saling Menguntungkan : berbisnis yang kompetitif
5. Prinsip
Integrasi Moral : harus menjaga nama baik pribadi dan perusahaan agar tetap
dipercaya dan berintegrasi tinggi.
Masalah
etika dalam bisnis :
Sebuah
masalah yang mengharuskan seseorang untuk melakukan tindakan yang dapat di
evaluasi sebagai tindakan yang benar atau salah. Jalan terbaik untuk menilai
etis atau tidak etis dari sebuah keputusan
adalah dengan melihat dari sudut pandang customer dan kompetitor.
E-commerce
:
Adalah
kemampuan perusahaan untuk menyediakan website dinamis pada internet yang dapat
digunakan untuk melangsungkan bisnis secara elektronik. Kelebihan dari
e-commerce adalah dapat menyediakan transaksi yang aman melalui internet.
Benefit
dari e-commerce :
Akses terhadap pasar global, penjualan langsung tanpa melalui perantara/pihak ketiga, usaha kecil dapat bersaing dengan perusahaan besar, dan lain sebagainya.
Masalah dalam e-commerce :
1. Web
spoofing : hacker membuat situs palsu untuk menarik konsumen memberikan nomer
kartu kredit.
2. Cyber-squatting
: seseorang menggunakan nama organisasi terkenal untuk melanggar trademark.
3. Privacy
invasion : penyalahgunaan informasi pribadi konsumen.
4. Online
piracy : pembajakan online
5. Email spamming : spamming melalui email yang pernah dimasukkan oleh konsumen.
Gimana? udah paham belum sama materinyaa. Pastinya udah paham dongg. Jadi, aku dapat materi itu dari dosen aku di Universitas Jember lohh. Ketika di kelas, aku dan teman-teman mendengarkan dan menyimak benar-benar materi tersebut. Agar nantinya aku bisa sharing materi yang telah diajarkan ke kalian 😊 See u on my next blog yahh.
Comments
Post a Comment